Saturday 21 February 2009

Shajing, Shenzhen


你好!

Dari Hongkong, pergi menuju GuangZhou melewati Shenzhen (深圳). Naik mobil kurang lebih 1,5 jam. Sebelum masuk Shenzhen yang sudah merupakan wilayah P.R China, harus melewati imigrasi dulu. Imigrasi Hongkong (untuk keluar dari Hongkong) lalu kira-kira 30 meter didepan adalah imigrasi Cina (untuk tanda memasuki wilayah China).

Kota Shenzhen, merupakan salah satu kota besar di China. Kota ini terkenal dengan sebutan Kota Bunga (lupa mandarinnya apa). Dimana-mana ada bunga, di kiri-kanan jalanan juga banyak bunga. Penataan kotanya juga sangat bagus. Sayang tidak mampir disini, langsung pergi menuju ShaJing (沙井).

Shajing terletak di barat daya dari Shenzhen. Kota ini masih dalam tahap pembangunan dan merupakan daerah industri. Berbeda dengan Hongkong, disini orang-orang menyetir mobil dengan ugal-ugalan. Pengemudi Bemo di Surabaya pun kalah. Tanpa menyalakan lampu sein, bisa belok kiri dan kanan, pindah jalur seenaknya. Itupun tidak belok dengan perlahan-lahan. Disini juga sangat jarang ada sepeda motor, hanya ada sepeda gayung yang dilengkapi dengan mesin (seperti yang banyak dijual di pasar atom). Lampu merah pun tetap saja jalan terus. Rasanya pengemudi kendaraan disini calon pembalap semua.. biggrin

Di Shajing, tinggal di Homeway Hotel, sebuah hotel bintang tiga seharga 200RMB semalam (kira-kira 340ribuan kurs sekarang). Cukup murah untuk sebuah kamar yang bagus dan nyaman dilengkapi fasilitas internet yang cepat.

Setelah tinggal di Shajing 1 malam, lalu melanjutkan perjalanan menuju GuangZhou.

再见

0 comments:

Post a Comment